Ketentuan Whistleblowing System

Whistleblowing System (WBS) BRI merupakan sarana pelaporan bagi seluruh stakeholder BRI (insan BRI khususnya dan masyarakat) untuk melaporkan  adanya indikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan BRI. Whistleblowing system merupakan salah satu bagian Pilar dari Strategi Anti Fraud yaitu Pilar Deteksi dalam mengidentifikasi kejadian fraud di Perusahaan.

SMS/Whatsapp : 0811-8200-600
Surat tertulis : PO BOX 1895 JKP 10900
Webmail : whistleblower@corp.bri.co.id 
Website : www.whistleblowing-system.bri.co.id

Pelapor Whistleblowing System

  1. Pelapor whistleblowing system adalah seluruh Insan BRI dan seluruh Pemangku Kepentingan (stakeholders) Perusahaan.
  2. Pelapor yang menyampaikan laporan palsu, keluhan pribadi dan/atau fitnah atau menyimpang dari kategori indikasi pelanggaran, maka Perusahaan tidak memberikan perlindungan terhadap Pelapor.

Kategori Indikasi Pelanggaran yang dapat dilaporkan melalui sarana whistleblowing system

  1. Pelanggaran terhadap proses akuntansi dan pelaporan keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk;
  2. Kecurangan / fraud;
  3. Gratifikasi/Penyuapan/Korupsi;
  4. Benturan Kepentingan;
  5. Pelanggaran Kode Etik BRI;
  6. Pelanggaran etika antara lain membuka Rahasia Bank untuk kepentingan pribadi, pelaku insider, perbuatan asusila di dalam dan di luar Perseroan, pelecehan, penggunaan narkoba dan terlibat dalam kegiatan masyarakat yang dilarang;
  7. Pelanggaran ketentuan/ prosedur perusahaan.

Kerahasiaan Pelapor

Sebagai wujud komitmen Bank BRI untuk menjaga kerahasiaan data pelaporan dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan, maka Manajemen memberikan:

  1. Perlindungan atas kerahasiaan identitas Pelapor;dan
  2. Perlindungan atas kerahasiaan isi laporan yang disampaikan
© 2021 PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. | All Rights Reserved.